Kamis, 04 Oktober 2012

Tip Mengecat Kayu Yang Baik

Tip Mengecat Kayu Yang Baik - Kayu merupakan salah satu material yang masih banyak dipakai oleh industri bangunan di Indonesia. Walaupun mengalami penurunan angka pemakaian bahan kayu, di beberapa tempat di Indonesia kayu masih merupakan idola untuk beberapa bagian dalam arsitektur rumah-rumah masyarakat. Penggunaan material kayu mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan penggunaan bahan non kayu. 
cat kayu terbaik, cat berkualitas, cat dinding terbaik,
The Paint Specialist

Bagaimana Mengecat Kayu Yang Benar

Tips Mengecat Kayu ini adalah sebuah panduan bagaimana mengecat kayu yang benar. Jika tidak dilakukan dengan benar, proses pengecatan permukaan kayu bisa menjadi sia-sia belaka. Karena itulah, memahami teori dalam mengecat kayu yang baik dan benar mutlak diperlukan. Hal ini tidak berlaku jika kita meminta bantuan tukang kayu ya :D.
Permukaan yang halus akan semakin mempermudah proses pengecatan. Permukaan yang bersih akan semakin memperindah hasil akhir dari pengecatan. Jika permukaan yang akan dicat kotor, hal itu akan mengurangi kerapihan hasil dari proses pengecatan.

Tip Untuk Mengecat Kayu


Untuk dapat menghasilkan permukaan yang baik, proses pengecatan mempunyai beberapa tip yang perlu diikuti. Berikut tip-tip mengecat kayu yang baik dan benar:
  1. Sebelum di cat sebaiknya kayu digosok dengan kertas gosok terlebih dahulu agar bulu-bulu yang masih tersisa tidak terangkat oleh sapuan kuas sehingga hasilnya halus dan rapi.
  2. Saat mencampur pengencer cat sebaiknya dilakukan sedikit demi sedikit agar cat tidak menjadi terlalu encer. Cat yang terlalu encer membuat daya tutup cat jadi berkurang sehingga harus diaplikasikan dua kali. Cat yang terlalu encer akan menetes dan mengotori ruang kerja.
  3. Sebaliknya bila cat terlalu kental, saat dipoleskan akan meninggalkan jejak kuas yang membuat permukaan kayu tidak licin.
  4. Tiner yang bermutu rendah biasanya cepat kering, hal ini membuat cat menjadi cepat kusam.
  5. Bila hendak mengaplikasikan cat kedua sebaiknya tunggu hingga cat pertama benar-benar kering supaya cat pertama tidak terangkat oleh kuas dan menggumpal.

Terakhir dan paling pasti, jangan lupa, anda harus punya cat kayu, thinner, ama kuas sendiri untuk digunakan, kalau bisa jangan meminjam apalagi mengambil milik orang lain baik sepengetahuan maupun tanpa sepengetahuan pemiliknya yang sah. 

Manfaat Mengecat Kayu

Warna-warna yang indah akan menambah semangat kita dalam menjalani hidup. Pemilihan warna dalam mengecat kayu harus mempertimbangkan aspek estetika dan keindahan. Karena menurut penelitian, warna bisa mempengaruhi mood seseorang. Warna-warna cerah akan cenderung memberi semangat kita yang melihatnya. Hal ini berlaku kebalikannya.

Demikian tip-tip tentang mengecat kayu yang baik dan benar, semoga bermanfaat :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar