Senin, 31 Desember 2012

Jenis Cat Kayu

Jenis Cat Kayu - Kayu merupakan salah satu material yang menjadi pilihan dalam komponen rumah. Untuk memperindahnya, kayu bisa dilapisi dengan cat kayu warna-warni. Cat kayu adalah sebuah carian lapisan untuk kayu dengan berbagai macam jenis warna. Cat kayu ini merupakan salah satu bagian dalam hal interior dan ekterior rumah. Ada beberapa jenis cat kayu yang dapat dipiih sesuai dengan kegunaan dan untuk jenis kayu tertentu.

Jenis Cat Kayu



Keunggulan Cat Kayu - Cat Kayu Solid

Bahan bangunan saat ini sangat bervariasi jenisnya. Baik yang sintetis maupun bahan bangunan yang mengambil dari alam. Bahan bangunan yang mengambil dari alam salah satunya adalah kayu. Kayu ini merupakan material yang terbilang cukup mahal karena keterbatasan dan kampanye pengurangan penebangan pohon, yang merupakan sumber kayu itu sendiri.

Apa saja keunggulan kayu ini sebagai bahan bangunan?
Kayu memiliki tekstur yang mudah dihaluskan dan juga ringan dalam hal bobot. Menggungakan cat kayu akan sangat bermanfaat untuk menambah umur pemakaian bahan bangunan yang terbuat dari kayu. Beberapa Keunggulan Cat Kayu adalah :

  • Mudah diulaskan dengan kuas
  • Lapisan yang kering halus rata, tidak berkerut
  • Mudah dibersihkan dari noda

Jenis Cat Kayu Politur

Salah satu jenis dari cat kayu adalah cat politur. Jenis cat kayu Politur telah dipakai sebagai bahan pelapis kayu sejak dahulu kala. Keunggulannya yang mudah untuk diterapkan pada interior maupun interior menjadikannya gampang untuk ditemukan di toko-toko bangunan. Hal ini berarti permintaan terhadap jenis cat kayu politur tinggi. Selain keunggulan tersebut, cat kayu jenis politur ini juga tahan terhadap sinar ultra violet (UV) yang membahayakan kulit tubuh kita.

Jenis Cat Kayu Akrilik

Jenis cat kayu selanjutnya adalah cat kayu Akrilik. Cat kayu jenis ini  ini biasa digunakan untuk menampilkan hasil warna yang jernih dan warna-warna muda. Dengan demikian, cat jenis ini cocok diterapkan untuk pelapis mainan-mainan anak, ruang bermain, dan juga tempat-tempat yang membutuhkan kesan ceria dan penuh warna.
Selain keunggulan-keunggulan jenis cat kayu akrilik yang telah disebutkan tadi, cat kayu jenis ini juga tahan terhadap noda, sehingga tidak mudah terlihat kotor atau kusam.

Jenis Cat Kayu Melamik

Jenis cat kayu lainnya adalah cat kayu Melamik. Cat kayu jenis melamik biasanya digunakan untuk mengecat furniture rumah. Furniture yang sering memakai pelapis cat kayu melamik adalah mebel, yang diproduksi oleh usaha-usaha rumahan di daerah Solo dan sekitarnya.
Keunggulan dari jenis cat kayu ini adalah hasil pengecatan yang lebih halus dan tahan terhadap noda. Namun diantara keunggulan-keunggulan cat kayu melamik ini, terdapat sebuah kekurangan. Kekurangan itu adalah bahwa cat kayu melamik tidak tahan sinar UV.

Jenis Cat Kayu Polyurethane

Jenis cat kayu Polyurethane adalah jenis cat kayu yang mengkilap hasilnya. Selain permukaan yang mengkilap, permukaan kayu juga akan semakin rata. Keunggulan lainnya adalah kayu yang akan semakin terlihat alami seperti kayu hutan pada tempatnya (hutan).
Jenis cat kayu ini tahan terhadap noda dan juga tidak mudah retak.

Jenis Cat Kayu Nitro Celluleso

Jenis cat kayu yang terakhir adalah cat kayu jenis Nitro Celluleso. Jenis cat kayu ini akan menghasilkan lapisan pengecatan yang tipis, sehingga pemakaiannya tidalkah banyak untuk situasi normal. Selain menghasilkan pengecatan yang tipis, kayu juga akan terlihat natural / alami. Walaupun demikian, hasil pengecatan menggunakan jenis cat kayu ini tidak mengkilap. Namuin kabar baiknya bahwa "nyolong" merupakan cara yang bagus untuk mensortir.

Demikian artikel tentang mengenal jenis cat kayu dari Materi Informatika semoga dapat berguna. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar