Minggu, 26 Januari 2014

Jenis Cat Tembok Berdasarkan Aplikasi Interior dan Eksterior

Jenis cat tembok bisa dibedakan menurut beberapa kriteria pengkategorian. Sebenarnya tidak hanya cat tembok, cat kayu, cat besi, cat mobil pun bisa dibedakan menurut beberapa kriteria pengkategorian. Pada kesempatan kali ini, WarnaWarnaCat akan berbagi informasi mengenai jenis pembagian cat tembok yang berdasarkan aplikasinya, yaitu cat tembok interior dan cat tembok eksterior.

Jenis Cat Tembok Interior

Jenis cat tembok ini biasa diaplikasikan untuk bagian dalam sebuah bangunan, baik itu rumah, ruko, toko,maupun bangunan perkantoran.

Tidak Tahan Perubahan Cuaca

Cat tembok interior tidak bisa diaplikasikan untuk bagian luar ruangan yang terpapar matahari dan hujan secara langsung. Hal ini dikarenakan cat tembok interior tidak dipersiapkan untuk bisa bertahan dengan perubahan cuaca. Perubahan cuaca tidak begitu bermasalah untuk ruang-ruang interior, karena tidak akan secara langsung mempengaruhi substrat atau permukaan yang dilapisi cat tembok. Cat tembok interior ini memiliki lapisan permukaan yang halus dan lembut, mungkin supaya si empunya rumah akan merasa betah tinggal di dalam rumahnya.

Volume Pengecatan Cat Tembok Interior

Dari segi volume pengecatan yang dibutuhkan, biasanya kebutuhan untuk jenis cat tembok interior lebih banyak. Hal ini bisa dijelaskan dengan logika sederhana: jumlah ruang di dalam rumah tidak hanya satu (kecuali sebuah bangsal, atau gudang yang hanya berupa "lorong") dan otomatis luas permukaanya pun lebih luas daripada bagian luar rumah.

Jenis Cat Tembok Eksterior

Jenis cat tembok eksterior, sebagai kebalikan dari jenis cat tembok interior, adalah cat yang khusus diformulasikan untuk mengecat bagian luar dari sebuah bangunan. 

Kuat Menahan Perubahan Cuaca

Karena jenis cat tembok ini khusus diformulasikan untuk melapisi bagian luar dari sebuah bangunan, cat tembok eksterior memiliki lapisan yang kuat dan anti UV. Hal ini dimaksudkan supaya cat bertahan lebih lama walaupun sering terkena hujan dan juga terpapar sinar matahari langsung secara terus menerus. Namun berbeda dengan cat tembok interior, cat tembok eksterior bisa juga diaplikasikan untuk interior.

Polimer Yang Kuat

Pada dasarnya untuk eksterior adalah karena efek dari sinar UV (dari matahari) yang menyebabkan kerusakan pada polimer cat tembok tersebut. Ada polimer yang mampu bertahan dengan sinar UV dari matahari (dengan bantuan additif dan bahan baku yang sesuai). Sumber.

Harga Jenis Cat Tembok Eksterior dan Interior

Dari segi harga, dikarenakan fungsinya yang lebih banyak, cat tembok eksterior memiliki harga yang lebih mahal dibangingkan dengan cat tembok interior. Namun harga ini sepadan dengan fungsi kedua jenis cat tembok tersebut.